Rumah Sutera Bogor, Asyiknya Jalan-jalan Ke Sentra Kain Sutera Di Kota Hujan - Pesona Indonesia Rumah Ulat Sutera

Rumah Sutera Bogor, Asyiknya Jalan-jalan ke Sentra Kain Sutera di Kota Hujan - Pesona Indonesia

Allow, berjumpa kembali, artikel ini akan dibahas tentang rumah ulat sutera Rumah Sutera Bogor, Asyiknya Jalan-jalan ke Sentra Kain Sutera di Kota Hujan - Pesona Indonesia simak selengkapnya 

PART 1

Rumah Sutera Bogor berada di kaki Gunung Salak dan bentuknya juga tak berbeda dari rumah lainnya di sana. Tepatnya di kampung Ciapus, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Nyaris tak ada tanda apapun kalau rumah itu adalah sentra pembuatan kain sutera. Hanya jika setelah masuk ke halaman, maka pemandangan berbeda akan langsung terlihat.

Setelah berada di balik pagar kayu itu, Sobat Pesona akan disambut guide yang akan memberikan informasi mengenai proses pembuatan kain sutera. Dari telur, ulat muda, ulat dewasa, kokon atau kepompong ulat sutera hingga menjadi kain. Termasuk juga menikmati hamparan kebun murbei yang menjadi makanan ulat sutera itu.

Di galeri Rumah Sutera, terdapat aneka kain sutera beragam motif dan tanpa motif, dengan warna-warni cerah maupun teduh. Tersedia dalam bentuk syal, baju siap pakai, dan juga gulungan tirai jendela mewah. Selain itu, di galeri ini juga tersedia pernak-pernik yang terbuat dari kepompong sutera.

Keluar dari galeri, Sobat Travel bisa menyusuri area komplek Rumah Sutera yang luasnya mencapai empat hektar. Terbagi dalam bentuk kebun murbei yang luasnya dua hektar, sementara dua hektar sisanya dipergunakan untuk rumah pemiliknya, dua cottage yang bisa disewa, taman, ruangan pemintalan, ruang pembuatan benang sutera, serta dua ruang untuk memelihara ulat sutera.

Sobat Pesona bisa mengambil dan mencicipi buah murbei tersebut. Buah berwarna merah rasanya asam

rumah ulat sutera
rumah ulat sutera
rumah ulat sutera
rumah ulat sutera

PART 2

merah rasanya asam sedangkan warna merah kehitaman rasanya manis, atau memetik pucuk daun murbei dan memakannya. Daun murbei dipercaya berkhasiat menekan kolesterol jahat dalam darah. Selanjutnya, Sobat Pesona bisa melihat pembuatan kain sutera yang dibuat tanpa mesin di ruang khusus.

Jika ingin berkunjung secara rombongan, Sobat Pesona harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan jumlah minimal 30 dan maksimal 150 orang. Sebab jika terlalu banyak pengunjung, dikhawatirkan ulat-ulat suteranya akan menjadi stres. Ingin tahu proses pembuatan kain sutera? Datanglah ke Rumah Sutera Bogor.



Foto: Jaka Thariq

Yang Seru di Jawa Barat : Destinasi Terdekat :

Tasikmalaya, Mutiara dari Priangan Timur di Kaki Galunggung

20 August 2019

Sang Mutiara dari Priangan Timur itulah julukan bagi kota Tasikmalaya yang memang terkenal memiliki banyak spot wisata alam yang cantik, budaya dan tradisi masyarakat adat yang eksotik, hingga atmosfer religi yang kental. Mesti ada di lis kunjungan Sobat Pesona nih...

PART 3

PART 4

begitulah penjelasan mengenai Rumah Sutera Bogor, Asyiknya Jalan-jalan ke Sentra Kain Sutera di Kota Hujan - Pesona Indonesia semoga info ini berfaedah terima kasih

Artikel ini diposting pada label , tanggal 21-10-2019, di kutip dari https://pesona.travel/keajaiban/4573/rumah-sutera-bogor-asyiknya-jalan-jalan-ke-sentra-kain-sutera-di-kota-hujan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Menangani Batuk Kering? Herbal Obat Batuk

31 Unique Pre-Wedding Photo Shoot Ideas For Every Couple! Wedding Shoot

9 Obat Herbal Yang Ampuh Atasi Sakit Lutut Dan Sendi Obat Herbal Anti Radang